Tahukah Anda negara mana yang kualitas pendidikannya menduduki peringkat pertama di dunia? Kalau Anda tidak tahu, tidak mengapa karena memang banyak yang tidak tahu bahwa peringkat pertama untuk kualitas pendidikan adalah Finlandia. Kualitas pendidikan di negara dengan ibukota Helsinki , dimana perjanjian damai dengan GAM dirundingkan, ini memang begitu luar biasa sehingga membuat iri semua guru di seluruh dunia.
Peringkat I dunia ini diperoleh Finlandia berdasarkan hasil survei internasional yang komprehensif pada tahun 2003 oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). Tes tersebut dikenal dengan nama PISA mengukur kemampuan siswa di bidang Sains, Membaca, dan juga Matematika. Hebatnya, Finlandia bukan hanya unggul secara akademis tapi juga menunjukkan unggul dalam pendidikan anak-anak lemah mental. Ringkasnya, Finlandia berhasil membuat semua siswanya cerdas.
Lantas apa kuncinya sehingga Finlandia menjadi Top No 1 dunia? Dalam masalah anggaran pendidikan Finlandia memang sedikit lebih tinggi dibandingkan rata-rata negara di Eropa tapi masih kalah dengan beberapa negara lainnya.
Finlandia tidaklah mengenjot siswanya dengan menambah jam-jam belajar, memberi beban PR tambahan, menerapkan disiplin tentara, atau memborbardir siswa dengan berbagai tes. Sebaliknya, siswa di Finlandia mulai sekolah pada usia yang agak lambat dibandingkan dengan negara-negara lain, yaitu pada usia 7 tahun, dan jam sekolah mereka justru lebih sedikit, yaitu hanya 30 jam perminggu. Bandingkan dengan Korea , ranking kedua setelah Finnlandia, yang siswanya menghabiskan 50 jam perminggu
Lalu apa dong kuncinya? Ternyata kuncinya memang terletak pada kualitas gurunya. Guru-guru Finlandia boleh dikata adalah guru-guru dengan kualitas terbaik dengan pelatihan terbaik pula. Profesi guru sendiri adalah profesi yang sangat dihargai, meski gaji mereka tidaklah fantastis. Lulusan sekolah menengah terbaik biasanya justru mendaftar untuk dapat masuk di
sekolah-sekolah pendidikan dan hanya 1 dari 7 pelamar yang bisa diterima, lebih ketat persaingainnya ketimbang masuk ke fakultas bergengsi lainnya seperti fakultas hukum dan kedokteran! Bandingkan dengan Indonesia yang guru-gurunya dipasok oleh siswa dengan kualitas seadanya dan dididik oleh perguruan tinggi dengan kualitas seadanya pula.
Dengan kualitas mahasiswa yang baik dan pendidikan dan pelatihan guru yang berkualitas tinggi tak salah jika kemudian mereka dapat menjadi guru-guru dengan kualitas yang tinggi pula. Dengan kompetensi tersebut mereka bebas untuk menggunakan metode kelas apapun yang mereka suka, dengan kurikulum yang mereka rancang sendiri, dan buku teks yang mereka pilih sendiri. Jika negara-negara lain percaya bahwa ujian dan evaluasi bagi siswa merupakan
bagian yang sangat penting bagi kualitas pendidikan, mereka justru percaya bahwa ujian dan testing itulah yang menghancurkan tujuan belajar siswa. Terlalu banyak testing membuat kita cenderung mengajar siswa untuk lolos ujian, ungkap seorang guru di Finlandia. Padahal banyak aspek dalam pendidikan yang tidak bisa diukur dengan ujian. Pada usia 18 th siswa mengambil ujian untuk mengetahui kualifikasi mereka di perguruan tinggi dan dua pertiga lulusan melanjutkan ke perguruan tinggi.
Siswa diajar untuk mengevaluasi dirinya sendiri, bahkan sejak Pra-TK!
Ini membantu siswa belajar bertanggungjawab atas pekerjaan mereka sendiri, kata Sundstrom, kepala sekolah di SD Poikkilaakso, Finlandia.
Dan kalau mereka bertanggungjawab mereka akan bekeja lebih bebas. Guru tidak harus selalu mengontrol mereka.
Siswa didorong untuk bekerja secara independen dengan berusaha mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan. Siswa belajar lebih banyak jika mereka mencari sendiri informasi yang mereka butuhkan. Kita tidak belajar apa-apa kalau kita tinggal menuliskan apa yang dikatakan oleh guru. Disini guru tidak mengajar dengan metode ceramah, Kata Tuomas Siltala, salah
seorang siswa sekolah menengah. Suasana sekolah sangat santai dan fleksibel. Terlalu banyak komando hanya akan menghasilkan rasa tertekan dan belajar menjadi tidak menyenangkan, sambungnya.
Siswa yang lambat mendapat dukungan yang intensif. Hal ini juga yang membuat Finlandia sukses. Berdasarkan penemuan PISA , sekolah-sekolah di Finlandia sangat kecil perbedaan antara siswa yang berprestasi baik dan yang buruk dan merupakan yang terbaik menurut OECD.
Remedial tidaklah dianggap sebagai tanda kegagalan tapi sebagai kesempatan untuk memperbaiki. Seorang guru yang bertugas menangani masalah belajar dan prilaku siswa membuat program individual bagi setiap siswa dengan penekanan tujuan-tujuan yang harus dicapai, umpamanya: Pertama, masuk kelas; kemudian datang tepat waktu; berikutnya, bawa buku, dlsb. Kalau mendapat PR siswa bahkan tidak perlu untuk menjawab dengan benar, yang penting mereka berusaha.
Para guru sangat menghindari kritik terhadap pekerjaan siswa mereka.
Menurut mereka, jika kita mengatakan "Kamu salah" pada siswa, maka hal tersebut akan membuat siswa malu. Dan jika mereka malu maka ini akan menghambat mereka dalam belajar. Setiap siswa diperbolehkan melakukan kesalahan. Mereka hanya diminta membandingkan hasil mereka dengan nilai sebelumnya, dan tidak dengan siswa lainnya. Jadi tidak ada sistem ranking-rankingan. Setiap siswa diharapkan agar bangga terhadap dirinya masing-masing.
Ranking-rankingan hanya membuat guru memfokuskan diri pada segelintir siswa tertentu yang dianggap terbaik di kelasnya. Kehebatan sistem pendidikan di Finlandia adalah gabungan antara kompetensi guru yang tinggi, kesabaran, toleransi dan komitmen pada keberhasilan melalui tanggung jawab pribadi. Kalau saya gagal dalam mengajar seorang siswa, kata seorang guru, maka itu berarti ada yang tidak beres dengan pengajaran saya! Benar-benar ucapan guru yang sangat bertanggungjawab.
MGMP TIK SMA Kabupaten Wajo
MGMP TIK SMA Kab. Wajo, terbentuk setelah dilaksanakan pertemuan di Aula Mappadeceng Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo, Rabu, 11 November 2009.
Guru TIK Wajo

Alumni Diklat Kompetensi Guru SMA/SMK/MA Bidang Studi Teknologi Informasi dan Komunikasi Kabupaten Wajo, di Hotel Ashar Sengkang, 9 s.d. 14 Juni 2008
Sertifikat Pendidik

Sebuah Penghargaan Untuk Guru yang Dinyatakan Profesional Setelah Lulus Sertifikasi Guru Bidang Studi TIK
DOWNLOAD (Kenang-Kenangan Accher)
1. Permendiknas No. 38 Th. 2008 Tentang Pengelolaan Teknolgi Informasi dan Komunikasi (TIK) dilingkungan Depdiknas
2. Buku Teks Elektronik
:Tingkat SD/MI
- Kelas 1
- Kelas 2
- Kelas 3
- Kelas 4
- Kelas 5
- Kelas 6
:Tingkat SMP/MTs
- Kelas 7
- Kelas 8
- Kelas 9
:Tingkat SMA/MA
- Kelas 10
- Kelas 11
- Kelas 12
:Tingkat SMK
- Kelas 10
- Kelas 11
- Kelas 12
3. Referensi TIK Untuk Pembelajaran :
· Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Untuk Pembelajaran
· Komputer dan Pemanfaatannya
· Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran
· Pengembangan Rencana Pembelajaran Yang Mengintegrasikan TIK
· Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
· Pemanfaatan Televisi Edukasi (TVE)
· e-dukasi.net
· Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran
· Pemanfaatan Media Audio dan Radio Untuk Pembelajarn
· Pembuatan Media Presentasi
2. Buku Teks Elektronik
:Tingkat SD/MI
- Kelas 1
- Kelas 2
- Kelas 3
- Kelas 4
- Kelas 5
- Kelas 6
:Tingkat SMP/MTs
- Kelas 7
- Kelas 8
- Kelas 9
:Tingkat SMA/MA
- Kelas 10
- Kelas 11
- Kelas 12
:Tingkat SMK
- Kelas 10
- Kelas 11
- Kelas 12
3. Referensi TIK Untuk Pembelajaran :
· Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Untuk Pembelajaran
· Komputer dan Pemanfaatannya
· Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran
· Pengembangan Rencana Pembelajaran Yang Mengintegrasikan TIK
· Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
· Pemanfaatan Televisi Edukasi (TVE)
· e-dukasi.net
· Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran
· Pemanfaatan Media Audio dan Radio Untuk Pembelajarn
· Pembuatan Media Presentasi
0 komentar:
Posting Komentar